Sewa Mobil Jakarta | Tidak Usah Panik Bila Remote Rusak

sewa mobil jakarta, sewa mobil, rental mobil jakarta, rental mobil, transportasi, rent car, car rental, liburan, wisata, trisanggaraya.comSewa Mobil JakartaHampir dipastikan semua mobil sekarang dilengkapi dengan kunci remote yang digunakan untuk membuka/menutup pintu dan untuk melindungi dari kejahatan pencurian mobil. Meskipun remote control dan kunci mobil adalah dua komponen yang berbeda, perkembangan teknologi kerap menyatukan mereka demi alasan kepraktisan. Banyak mobil masa kini yang menyematkan teknologi canggih ke dalam remote kuncinya. Misalnya sistem immobilizer yang tangguh menghalau pencuri atau keyless entry yang membuat pengemudi tak perlu repot menekan remote untuk masuk ke kabin.

Kecanggihan teknologi tersebut membuat peran remote semakin besar dari hari ke hari. Artinya, jika ada masalah dengan remote kunci, entah rusak atau hilang, maka Anda tak bisa berkendara karena mobil tak bisa dijalankan. Akhirnya untuk bisa mengendarainya, maka Anda harus melakukan pembukaan mobil secara paksa dengan kunci bawaan. Otomatis, alarm seketika akan berbunyi sehingga untuk mengatasinya adalah dengan memutus kabel penghubung ke modul remote yang ada di mobil atau sementara mencabut sekering alarmnya. Untuk beberapa mobil keluaran terbaru ada cara lain yaitu dengan meng-on/off-kan kunci starternya. Semua langkah dan tindakan tersebut bersifat sementara dan kalau sudah begitu maka jalan yang harus ditempuh adalah membawa ke bengkel resmi atau dealer tempat membeli mobilnya. Lebih lanjutnya dengan mereparasinya atau melakukan pergantian dengan unit yang baru. Jika mobil yang Anda miliki langsiran Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mungkin tinggal menghubungi dealer yang banyak tersebar di Indonesia. Terus bagaimana jika mobil yang dibeli adalah dagangan IU? “Tak masalah, yang penting dokumennya lengkap karena itu terkait dengan keabsahan identitas mobil. Dokumen tersebut maksudnya BPKB dan STNK.Lebih lanjut sebenarnya bukan kasus langka jika remote kunci mengalami masalah. Biasanya remote kunci rusak karena penggunanya menekan terlalu keras sehingga tombolnya seperti terkelupas dan tak bisa dipakai lagi.  Atau kadang yang rusak hanya battery nya yang habis atau malah accu/aki mobil yang sudah soak atau lemah sehingga daya pancar modul remote yang ada di mobil juga tidak bisa menjangkau lagi.
Apabila switch tombolnya masih bisa diperbaiki, bisa saja pihak dealer perbaiki. Tapi jika sudah terlalu parah maka dianjurkan untuk diganti. Menekan tombol terlalu keras adalah faktor dominan perusak remote kunci seperti kebanyakan yang dilakukan oleh para penyewa/pelanggan sewa mobil jakarta. Hal ini dikarenakan banyak tombol remote terbuat dari bahan karet yang apabila terus ditekan bisa merusak bahkan mengakibatkan tombol karet tersebut rusak. Sedangkan terbanting atau terkena air tidak begitu berpengaruh sebab remote kunci memang didesain untuk tahan banting. Namun karena kelemahan dari bahan karet, maka pihak pabrikan sekarang banyak mengganti remote kunci dengan bahan dari plastik mika sehingga lebih awet seperti beberapa unit mobil yang ada di trisanggaraya.com
Kunci Mobil hanya untuk darurat, Belakangan ini, kunci mobil sudah mulai dipersempit perannya. Dapat dilihat dari mobil-mobil CBU dari IU yang sering menggunakan teknologi modern. Fungsi anak kunci kini hanya sebatas saat darurat saja. Yakni ketika remote kunci mogok, maka agar pengemudi tetap bisa masuk ke kabin barulah digunakan anak kunci. Lubang kunci juga biasanya tak tersedia di semua pintu mobil. Seringkali hanya ada di bagasi atau pintu pengemudi. Namun peran anak kunci hanya sampai di situ saja. Karena setelah masuk ke kabin, pengemudi tidak bisa menyalakan mesin karena Electronic Ignition System baru mengizinkan mesin menyala jika menggunakan remote.
Alarm mobil bunyi terus, Mengatasi alarm yang bunyi terus bisa dilihat dari sebabnya dulu. Ada yang karena ada getaran disekitar mobil dikarenakan module terlalu sensitif, karena konslet, atau karena ketika posisi alarm sedang aktif, pintu mobil dibuka tanpa menggunakan remote. Untuk mengatasi terlalu sensitif apabila ada sedikit getaran, maka bisa langsung disetting apada potensio di modulnya. Bisa juga dengan cara mereset modul elektrik alarm tersebut. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan di bengkel ATPM yang bersangkutan karena mereka yang mempunyai alat untuk mereset modul alarm tersebut. Hal ini berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh rental mobil jakarta yang beberapa kali unit mobilnya selalu mengalami hal serupa.
Share

3 Responses to “Sewa Mobil Jakarta | Tidak Usah Panik Bila Remote Rusak”
  • raka says:

    Artikelnya berguna buat yang merasa ada masalah diremotenya.
    Kadang remote nya tidak bisa untuk membuka pintu dan kadang terlalu sensitif sehingga alarmnya berbunyi terus…

    Thx lah…

    • suastika says:

      saya ganti accu baru setelah dipasang alarm mobil bunyi terus.
      Oertanyaan saya bagaimana cara mengatasi supaya alarm dapat berfungsi baik seperti sedia kala

      • trisanggaraya says:

        Kemungkinan yang bermasalah di modul remotenya. Coba dilakukan reset saja dengan cara memasukkan kunci kontak pada posisi ACC kmdn putar ke posisi ON dan kembali lagi ke posisi ACC. Ulang siklus td sampai 4-5 kali. Akan tetapi tiap merk mobil biasanya berbeda2 siklusnya. Untuk lebih jelasnya coba bawa ke bengkel atau bengkel resmi terdekat. Thx

Leave a Reply

*

UA-20836380-1